HPK

Taman Wisata Alam Pangandaran

Tidak akan terasa lengkap jika anda mengunjungi objek wisata Pantai Pangandaran bila tidak menginjakkan kaki di Taman Wisata Alam Pangandaran. Dimana Objek wisata ini adalah satu-satunya objek wisata hutan yang berada di Pangandaran,di kawasan ini hidup berbagai ragam flora, kawasan TWA Pangandaran merupakan habitat yang cocok bagi kehidupan satwa-satwa liar, antara lain tando, kera ekor panjang , lutung , kalong , banteng, rusa, bahkan ada juga landak,selaun hewan yang berjalan kaki ada juga jenis flora yang bias terbang diantaranya burung cangehgar, tlungtumpuk, cipeuw , dan jogjog,dari kesemuanya itu jadi daya ikat pengunjung, Tidak heran jika TWA Pangadaran tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Selain itu,di hutan ini terdapat banyak sekali gua alam dan gua buatan seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal, dan gua-gua peninggalan Jepang.
Gua Panggung Menurut mitos masyarakat setempat , yang berdiam digua ini adalah Embah Jaga Lautan atau disebut pula Kiai Pancing Benar. Beliau merupakan anak angkat dari Dewi Loro Kidul dan ibunya menugaskan untuk menjaga lautan di daerah Jawabarat dan menjaga pantai Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, beliau disebut Embah Jaga Lautan.itu menurut cerita orang dulu,heheheh Gua Lanang disebut gua lanang karena kata langang itu berasal dari bahasa jawa yang artinya laki-laki,dulu menurut legenda kerajaan galuh,Gua ini dulunya merupakan keraton pertama Kerajaan Galuh.sedangkan yang jadi Raja Galuh adalahseorang laki-laki (lanang) yang sedang berkelana. Cirengganis didalam gua rengganis terdapat sebuah kolam tempat pemandian para raja jaman dahulu,conon katanya menurut legenda jawa dulu ada sbuah kisah yang berawal dari adanya sebuah pemandian berupa sungai milik seorang raja bernama Raja. Pada suatu hari, Raja pergi untuk melihat-lihat pemandiannya.Kebetulan waktu itu Dewi Rangganis dan para inangnya sedang mandi. Karena terdorong oleh perasaan birahinya, Raja mengambil pakaian Dewi Rangganis. Karena kesal, Dewi Rangganis kemudian berkata, barang siapa menemukan bajunya, bila perempuan akan dijadikan saudara dan bila laki-laki akan dijadikan suami.itu dalam sebuah cerita ,hehehe

0 Response to "Taman Wisata Alam Pangandaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel