HPK

Pria Asal Bali 20 Tahun Sendirian Menempati Gua di Kendal


 Pria Asal Bali 20 Tahun Sendirian Menempati Gua di Kendal


Tinggal sendirian di gua di Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal sudah dijalani Bunaya sejak 20 tahun lalu. Mencari ketenangan hidup menjadi alasan menempati gua yang berada di pinggir jalan alternatif Weleri-Temanggung.  Bunaya sejatinya merupakan pria asal Bali. Gua yang ditinggali, berada di bawah bukit dengan panjang sekitar tiga meter. Meski sempit, namun ia merasa lebih nyaman tinggal di gua sendirian tanpa alat penerangan. “Saya tinggal di sini (gua) sejak tahun 2001 lalu,” kata Bunaya, Kamis (7/1/2021). 

Ia sempat tinggal di rumah bersama sang anak di Kota Semarang. Namun pria yang menyukai sejarah ini akhirnya lebih memilih kembali ke gua. Masyarakat Pageruyung sudah familiar dengan Bunaya yang tinggal di gua. Untuk kebutuhan sehari-hari, Bunaya biasa mendapat kiriman makanan dari masyarakat sekitar. Warung makan di sekitar gua juga sering memberi kiriman. Sedangkan untuk membersihkan badan, dirinya menggunakan sumber air yang berada di sekitar gua. “Kami pernah menawarkan pindah ke tempat yang lebih layak, namun ditolak,” kata Camat Pageruyung, Dwi Cahyono.


Bunaya beralasan merasa lebih nyaman tinggal di gua. Diungkapkan Dwi Cahyono, keberadaan manusia gua di wilayahnya tidak pernah meresahkan masyarakat. Meski demikian, Pemerintah Kecamatan Pageruyung tetap memantau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

0 Response to " Pria Asal Bali 20 Tahun Sendirian Menempati Gua di Kendal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel